Selasa, 04 Desember 2012

Menampilkan daftar Kategori pada Blogspot

Blog merupakan suatu media yang dapat digunakan seseorang untuk mencari informasi tertentu. Namun dengan semakin banyaknya blog yang ada di dunia maya, maka harus ada suatu teknik yang dapat mempermudah pencarian informasi tersebut.

Salah satu fitur yang dapat membantu seseorang yang mencari suatu informasi dalam blog seseorang adalah adanya daftar kategori, atau "Categories" pada tampilan pertama yang dilihat pengguna. Dengan adanya daftar ini, pengunjung blog bisa lebih cepat menelusuri blog dengan memilih kategori yang berkaitan dengan informasi yang dicarinya, kemudian menelusuri daftar postingan yang masuk ke dalam kategori tersebut.

Step-step berikut dapat dilakukan apabila ingin blogspot-nya menampilkan daftar kategori.

1. Pada blogspot Anda, pilihlah blog yang ingin kalian tambahkan fitur "Categories".

2. Di bawah tombol yang bertuliskan "Entri baru" ada beberapa menu. Pilihlah menu Tata Letak.

3. Di halaman menu tersebut akan ada beberapa link Tambah Gadget, pilih dimana enaknya daftar kategori kalian berada

4. Setelah kalian klik link tersebut, akan muncul jendela baru berisikan daftar Gadget yang bisa ditambahkan. Pilihlah Label.

5. Setelah itu kalian akan dimintai konfigurasi label seperti apa yang kalian inginkan. Beri judul "Categories". Pilih radio button Semua label, Alfabetik, dan Daftar (ini pilihan saya, terserah kalin maunya seperti apa).

6. Setelah selesai melakukan konfigurasi, tekan tombol Simpan.

7. Untuk melihat seperti apa tampilan blog kalian sekarang, pilih saja Pratinjau.

8. Jika kalian tidak ingin daftar kategori dimana dia berada sekarang, kalian bisa drag Gadget label kalian sesuai dengan yang apa kalian inginkan.

9. Setelah selesai, pilihlan tombol Simpan setelan pada bagian kanan atas.

Sudah selesai, kalian sekarang punya daftar kategori. Happy blogging everyone. ;)

1 komentar:

  1. cieee, nah gitu dong, kan asyik jadinya , lebih terdistribusi kategorinya ... sayang nih , belum ada penjelasan image nya yah? kalau ada kan , pembaca bisa lebih aplikatif . salam blogger.

    BalasHapus