Senin, 03 Desember 2012

Windows 8 + Contruct 2 Tutorial - Meng-export Game C2 ke Visual Studio 2012


Halo rekan-rekan semua, sudah cukup lama sejak saya membuat postingan tutorial Windows 8. Ok, langsung saja kali ya.
Contruct 2 merupakan suatu tool yang sangat mempermudah developer untuk mengembangkan aplikasi game, entah itu di HTML 5, Android, bahkan Windows 8 tentunya. Setelah kita sudah sukses membuat game, pertanyaan yang timbul di kepala kita salah satunya bisa “Bagaimana saya jalankan game saya di Windows 8?”. Developer tidak perlu pusing, sudah ada plugin yang dapat digunakan. Plugin dapat didownload di sini.
Note: Sebenarnya tidak perlu dengan plugin ini sudah bisa kita export, tapi plugin ini akan kita gunakan setelah ini.
Setelah didownload, ikutilah langkah-langkah berikut ini.
  • Extract folder tersebut pada direktori tertentu, kalau saya sendiri mengekstraknya ke folder Donwloads saya.
  • Buka Command Prompt sebagai Administrator, atau cukup dengan shortcut Tombol Windows + X.
  • Pergilah ke direktori dmana kalian mengekstrak folder plugin-nya.
  • Ketik “install.cmd” (tanpa tanda kutip). Hasilnya bila benar akan seperti ini.



  • Setelah itu, bukalah projek game C2 kalian, pada tab Project, pastikan Nama game, Author dan Description sudah terisi dengan benar, kalau tidak terisi akan menghasilkan pesan bahwa proses export tidak bisa.
  • Setelah itu, insert-lah object baru, yaitu Windows 8 (pilih yang bagian Platform specific). Apabila tidak ada Windows 8 pada pilihan objek, kemungkinan proses instalasi plugin gagal, saya sarankan ulanngi lagi. Setelah sukses memasukkan objek baru, kita siap untuk mengexport. Pada contoh ini akan saya gunakan game sample Space blaster yang sudah disediakan.
  • Pada tab Home, klik Export Project, pilih Windows 8, silahkan tentukan lokasi ekstraksi sesuka kalian. Hilnagkan tanda centang pada bagian Minify script. (Sayakurang tahu ini untuk apa persisnya, tapi ini opsional kok J).
  • Pilih Export, kemudian tunggu hingga selesai.
  • Pilih Open Destination Folder.
  • Sudah dehh, game kalian sudah bisa dijalankan di Windows 8. ;)


Apakah cukup sampai situ saja, belum gan. Akan saya jelaskan  di postingan berikut saya. ;)
Kalau saya masukkan di sini semua takutnya kebanyakan isi, kalian bosen bacanya dehh. Hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar