Senin, 03 Desember 2012

Windows 8 + Construct 2 Tutorial - Snap View


Salah satu syarat agar aplikasi kita lolos ke Store adalah bahwa aplikasi kita harus (menurut saya ini syarat wajib, tapi saya  juga dengar-dengar ADA aplikasi yang tidak memenuhi syarat ini tapi lolos) mendukung tampilan Snap View. Apa itu Snap View, lebih bagus kalau saya  beri gambarnya saja ya.


Gambar diatas merupakan Snap View dari aplikasi Flood It. Intinya di sini adalah, si user bisa menjalankan dua aplikasi sekaligus dengan gampang. Pada Snap View tidak wajib aplikasi berjalan, bisa juga aplikasinya menyampaikan pesan bahwa aplikasi tersebut hanya bisa berjalan di Full View atau Filled View. Dengan catatan tentunya mempermudah user untuk pindah secara gampang.

Nah, setelah saya jelaskan tentang Snaap View, saatnya  implementasi masbro dan mbasist. Ikuti langkah ane ya. Saya hara kalian sudah ada game C2 yang sduah di export ke Windows 8 melalui Visual Studio, jika belum kalian baca dulu postingan ane yang ini ya.

  • Pertama-tama, bukalah projek kalian yang berekstensi .sln
  • Kemudian buka appx.packagemanifest, buka tab Packaging, pilih Choose Certificate -> Create Certificate. Isi publisher namenya sesuai dengan data riilnya. Jangan beri password, saya kurang tahu kenapa tapi saya baca di blog yang cukup bagus itu jangan.



  • Pada folder plugin Windows 8 untuk C2 yang sudah kalian ekstrak, salin file index.html, index-fs.html, dan project.jsproj ke dalam folder C:\Program Files\Construcct 2\exporters\html5\metro.
  • Pada Solution Explorer, apa bila ada file-file yang ada tanda kuning-kuning seperti tanda warning itu, artinya file-file tersebut belum ada pada projek kita, maka kita harus menambhakannya. Caranya  bagaimana? Klik kanan projek kita pada Solution Explorer, klik Add -> Add Existing Item. Cari file-file dengan tanda warning tersebut pada C:\Program Files\Construcct 2\exporters\html5\plugins\metro. Kalau pada Solution Explorer saya tidak ada karena sebelumnya sudah saya tambahkan. Hasilnya adalah sebagai berikut apabila saya Snap.



Secara default game kita akan terpause secara otomatis. Kalau di kepala kalian timbul pertanyaan “Bagaimana kalau saya ingin tampilan yang lebih menarik lagi?”. Gampang gan. Ikuti langkah berikut ini.
  • Klik kanan pada projek kita di Solutions Explorer, Add -> Add Existing Item, Cari gambar yang menurut kalian menarik yang ada di komputer kalian. “Kita mau ngapain?” Lihat saja nanti hasilnya ;)
  • Pergilah ke index.html
  • Cari kodingan seperti yang di bawah ini.



  • Ganti seperti yang ane lakukan



  • Tekan Ctrl + F5 dan hasilnya seperti ini gan ;)



Kalau kalian klik gambar kalian itu, langsung aplikasi kita akan menjadi seperti biasa.

Mungkin itu yang ane bagikan untuk postingan kali ini. Kalau missal ada yang kurang jelas, silahkan ke blog ini, ane belajar dari situ ko.. ;) Mohon maaf kalau ada yang kurang atau salah ya. ;)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar