Rabu, 05 Desember 2012

Windows Phone 7.5 Tutorial - Menggunakan Newtonsoft.Json (1)

Pada suatu pagi, saya sedang mengerjakan aplikasi lomba Nokia Lumia menggunakan WP 7.5 dan VS 2012. Alhamdulillah saya dapat source code dari abang angkatan saya. Teknik yang digunakan dalam aplikasi ini adalah untuk meng-consume data berupa JSON gan. Saya perlu membuat data Json tersebut lebih enak untuk dilihat, atau jangan Json banget lahh.

Kalau datanya berupa XML, bisa dengan gampang menggunakan System.Xml.Linq, tapi kalau untuk Json? Butuh suatu Reference baru gan. Setelah melihat source code abang angkatan saya, ternyata dia menggunakan Newtonsoft.Json gan. Saya lihat di namespace-namespace yang disediakan Microsoft, rupanya tidak ada. Harus sitambahkan sendiri dulu gan.

Tidak perlu kalian browsing kemana-mana. Ikuti saja langkah-langkah berikut

1. Pilih menu Tools -> Library Package Manager -> Package Manager Console.


2. Pada bagian bawah VS 2012 akan muncul semacam "Command Prompt".

3. Ketikkan Install-Package Newtonsoft.Json, kemudian tekan Enter.

4. Dia bakal download sendiri dan menambahkannya pada Projek kalian.

5. Setelah itu kalau semuanya berhasil, bakal seperti ini gan B)




Untuk tutorial setelah ini mungkin lain waktu gan, Happy coding every one... ;)

2 komentar: